Tips Mengurangi Mata Lelah Saat Bekerja

Tips mengatasi atau mengurangi mata lelah pada saat bekerja
Tips mengatasi atau mengurangi mata lelah

Bacapos.com – Tips mengatasi atau mengurangi mata lelah atau kelelahan pada saat bekerja. Bekerja adalah aktivitas penting untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang bekerja di rumah, maupun di kantor. Apalagi ada juga pekerja yang harus seharian berada di depan komputer ataupun laptop. Pekerjaan ini memang mudah dan menyenangkan bagi ahlinya. Namun, seiring berjalannya waktu kita akan merasakan kelelahan jika berada di hadapan layar komputer ataupun laptop secara terus menerus atau seharian. Hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik kita khususnya pada mta.

Menatap layar terus menerus sangat beresiko bagi kesehatan kita. Mata kita akan menjadi kering, buram, gatal, tidak dapat konsentrasi, maupun sensitif terhadap cahaya. Mata kita bisa saja rusak seiring berjalannya waktu jika kita tidak pandai menjaga dan merawatnya.  Karena merupakan bagian tubuh yang penting dan utama dikehidupan kita, maka kita harus rutin menjaganya. Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari. Adapun tips menjaga agar indera penglihatan kita tetap sehat walau bekerja seharian. mata lelah

Daftar isi

1. Mengatur jarak pandang ke komputer atau laptop

Mengatur jarak pandang ke komputer

Bagi pengguna komputer atau laptop, kita sering kali lupa atau tidak memperhatikan hal penting ini. Mengabaikan hal ini hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan mata kita menyebabkan mata lelah. Usahakan menggunakan komputer maupun laptop  dengan jarak yang tepat dan jangan terlalu dekat agar mata bisa rileks dan merasa nyaman.

2. Mengurangi Mata Lelah Dengan Mengatur pencahayaannya

Hal kedua mengurangi mata lelah ini juga perlu diperhatikan agar pencahayaan komputer maupun laptop bisa sesuai dengan tingkat kenyamanan kita. Usahakan jangan terlalu terang maupun gelap. Aturlah dengan baik agar tidak berdampak buruk bagi diri kita sendiri.

Baca juga: Masker Kopi Untuk Kulit Wajah, Begini Cara Membuatnya

3. Istirahatkan mata secara berkala

Bagian ketiga ini juga jangan sampai terlewatkan mengurangi mata lelah. Jika mata mendapatkan istirahat, maka pekerjaanpun dapat terselesaikan dengan baik. Tanpa ada kelelahan yang menghampiri.

4. Pilihlah kacamata atau lensa kontak yang tepat

Bagi pengguna kacamata minus harus memperhatikan kesesuaian ukuran yang dipakai untuk mengurangi rasa lelah pada mata. Agar nyaman dalam bekerja. Begitupun bagi kita yang memiliki mata normal usahakan pakailah kacamata antiradiasi yang dapat memberi kenyamanan pada mata.

5. Lakukan perawatan ringan pada mata

Cara berikutnya mengatasi mata lelah saat bekerja atau kelelahan pada mata dengan melakukan perawatan ringan. Usahakan sesering mungkin untuk mengecek keadaan mata. Agar kita tahu kondisi mata kita setelah berhadapan dengan laptop mupun komputer.

Baca juga:  Cara Mengatasi Wa Disadap Orang Dengan Mudah

6. Mengurangi Mata Lelah dengan memandang jarak jauh

Latih mata untuk memandang benda jauh atau lapangan yang luas. Tips terakhir mengatasi mata lelah ini merupakan hal penting yang harus sering dilakukan agar membantu titik fokus mata dalam melihat benda jauh. Sehingga mata kita bisa terhindar dari hal buruk .

Itulah beberapa cara yang  dapat membantu agar mata kita selalu sehat dan kita bisa berkonsentrasi dalam bekerja. Namun, jika mata kita sudah terlanjur parah maka cobalah datang ke dokter untuk tindakan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat dan mari kita belajar hidup sehat agar kita tidak menyesal dikemudian hari.

  Diperbarui pada : 17 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com