Makanan Kelinci Yang Berbahaya Tidak Boleh Diberikan

Makanan kelinci yang berbahaya ini sebaiknya jangan diberikan
Makanan kelinci yang berbahaya ini sebaiknya jangan diberikan

Makanan kelinci yang berbahaya ini sebaiknya jangan diberikan karena tidak boleh dimakan. Bagi kamu pecinta Kelinci dan tertarik ingin memeliharanya di rumah, sebaiknya perhatikan betul makanan yang akan dikonsumsinya nanti. Karena ada banyak makanan yang justru tidak cocok dikonsumsi sehingga bisa menimbulkan penyakit pada kelinci nantinya. Sayang kan jika kurangnya pengetahuan menjadikan Kelinci peliharaan kita sakit.

Pada artikel ini akan sedikit kita bahas makanan apa saja yang sebaiknya tidak diberikan kepada Kelinci karena bisa membuat mereka terserang penyakit. Mari langsung saja kita simak beberapa penjelasan seperti pada artikel berikut ini.

1. Alpukat Makanan Kelinci yang berbahaya

Alpukat

Walau buah Alpukat sendiri mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik, namun tidak sebaiknya kamu berikan pada Kelinci peliharaan. Apalagi jika diberikan dalam jumlah yang berlebihan dan takaran yang tidak sesuai. Alasan yang menjadi dasar untuk tidak memberikan Alpukat pada kelinci karena kandungan persin yang ada didalamnya.

Orang mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang senyawa beracun ini jika dikonsumsi oleh Kelinci dapat membuat adanya gangguan dalam saluran pernapasan. Dalam beberapa kasus yang pernah terjadi, kelinci yang mengkonsumsi Alpukat dalam jumlah banyak bisa mengalami gagal jantung hingga bisa berefek pada kematian jika semakin parah.

2. Makanan Kelinci Cokelat

Cokelat

Coklat sepertinya menjadi salah satu makanan favorit bagi sebagian besar manusia, namun tidak sebaiknya diberikan pada Kelinci peliharaan kita. Ketika mengkonsumsi coklat dalam jumlah yang banyak, ada kemungkinan jika Kelinci mengalami diare. Hal ini biasanya terjadi jika mengkonsumsi coklat putih.

Namun untuk coklat hitam sendiri juga punya pengaruh yang hampir sama, di mana kandungan dari theobromine dan juga kafein tidak baik untuk perut kelinci. Pada beberapa kejadian, selain membuat diare juga dapat membuat efek gemetar serta suhu tubuh yang tinggi. Jika sudah demikian, langkah yang sebaiknya dilakukan ialah membawanya ke dokter hewan.

Baca juga: Inilah 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Baca juga:  Tanaman Pengusir Tikus Yang Jarang Diketahui

3. Daun Kentang – Makanan Kelinci yang berbahaya

Daun Kentang

Untuk kentangnya sendiri sebenarnya tidak jadi masalah jika diberikan pada Kelinci peliharaan kamu, namun tidak untuk daun Kentangnya. Daun Kentang sendiri terdapat kandungan pati yang jika dikonsumsi pada kelinci dalam jumlah banyak akan berbahaya. Sebaiknya hindari memberikan Daun Kentang supaya tidak membahayakan Kelinci kamu hingga sakit nantinya.

Pati nantinya akan mempengaruhi kondisi perut pada Kelinci hingga bisa mengakibatkan penyakit pencernaan. Pastinya kita tidak ingin jika kelinci kesayangan kita terkena penyakit pencernaan tersebut. Ada kemungkinan nantinya kelinci mengalami diare atau bahkan badan yang lemas karena kurangnya cairan dalam tubuh. 

4. Makanan Manis

Jenis makanan manis seperti kue juga sebaiknya tidak kamu berikan pada Kelinci kesayangan kamu jika tidak ingin mereka sakit. Ada kandungan dari dalam makanan manis yang bisa membuat perut Kelinci menjadi diare parah. Ada kemungkinan bakteri yang akan berkembang biak secara berlebihan.

Kondisi diare yang parah dapat membuat Kelinci menjadi lemas hingga kekurangan cairan dalam tubuh. Waspadai keadaan seperti ini dan sebaiknya bisa ditangani dengan baik supaya tidak berakibat fatal. Kondisi yang sudah sangat parah bisa saja menyebabkan Kelinci mengalami kematian. 

5. Wortel

Walau sebenarnya wortel menjadi makanan kesukaan Kelinci yang baik untuk perkembangan tubuh terutama bagian matanya, namun sebaiknya dibatasi dalam hal pemberiannya. Jangan sampai terlalu berlebihan hingga membawa dampak buruk seperti diare. Masalah pencernaan yang terjadi nantinya akan sangat mengganggu aktivitas dan pertumbuhan dari Kelinci itu sendiri. 

Memberikan wortel boleh, namun sesuaikan dengan takaran dan jangan sampai satu hari full diberi makan berupa wortel ini. Selingi dengan jenis sayuran lain atau makanan lainnya supaya ada kandungan nutrisi lain dibutuhkan Kelinci itu terpenuhi. Memang ketika kita memelihara hewan jenis apapun itu, hal yang utama diperhatikan adalah makanannya.  

6. Kangkung

Kandungan serat kasar dalam Kangkung juga kurang baik untuk diberikan pada Kelinci jika jumlahnya terlalu banyak karena bisa berpengaruh pada pencernaannya. Tanaman ini juga punya potensi adanya gas hingga bakteri yang bisa saja mengganggu kesehatan tubuh dari kelinci itu sendiri. Ada hal lain yang perlu kamu ketahui yaitu kencing Kelinci akan berbau pesing jika banyak mengkonsumsi kangkung nantinya.

Kita boleh memberikan Kangkung sebagai makanan selingan saat Kelinci sudah banyak mengkonsumsi Wortel. Baik kedua makanan tersebut memang tidak baik ketika diberikan secara berlebihan. Pada kenyataannya, lebih baik kita mencegah sesuatu yang buruk akan terjadi daripada mengobatinya bukan?.

7. Ubi Gadung

Kali ini dari jenis umbi-umbian, ada Ubi Gadung yang sebaiknya tidak diberikan pada Kelinci peliharaan kamu karena kurang baik untuk kesehatannya. Jenis ubi ini sebenarnya mengandung racun yang jika dikonsumsi hewan tidak hanya Kelinci bisa mengakibatkan kematian. Biasanya beberapa orang menjadikan Ubi Gadung sebagai bahan perangkap Tikus.

Pastinya kita sebagai pecinta Kelinci tidak mau sembarangan memberikan makan untuk mereka bukan?. Dari mulai makanan yang berlebih juga tidak efektif dan justru sangat berbahaya bagi kesehatan Kelinci. Untuk jenis ubi Gadung sendiri memang sebaiknya jangan diberikan dan usahakan dengan baik untuk menghindarinya jauh-jauh.

Baca juga: Penyebab Anemia Dan Cara Pencegahan Yang Benar

Baca juga:  Pasangan Suka Ingkar Janji? Ini Cara Menyadarkannya

8. Kol

Selain Kangkung, sebaiknya juga jangan terlalu banyak memberi makan Kelinci dengan daun Kol atau juga Kubis. Hal ini juga dapat berpengaruh kurang baik untuk kesehatan pencernaan Kelinci peliharaan kamu nantinya. Kelinci bisa saja mengalami perut kembung yang membuat mereka tidak nyaman. Bahkan beberapa kasus dengan perut kembung tersebut Kelinci bisa saja mengalami kematian. 

Sebagian orang mungkin tenang dan tidak sadar memberikan Kol yang memang mudah ditemukan sebagai makanan untuk Kelinci secara terus menerus karena belum tahu akibat buruk yang akan terjadi. Sebaiknya mulai sekarang kurang-kurangi kebiasaan buruk tersebut ya guys.

9. Daun Jagung

Selanjutnya ada Daun Jagung yang sebaiknya tidak kamu berikan pada Kelinci peliharaan karena daunnya yang kasar. Tidak hanya bisa berpotensi merusak mulut dan juga lidah kelinci, namun Daun Jagung juga punya kemungkinan besar merusak alat pencernaanya. Bisa saja Kelinci yang diberi Daun Jagung dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan mereka terkena Diare. Duh, sebaiknya hindari supaya tidak menyiksa Kelinci peliharaan kamu nantinya.

10. Daun Mindi

Ada Daun Mindi yang pada dasarnya mengandung racun yang berbahaya jika diberikan pada Kelinci dan bisa membuat mereka sakit. Organ tubuh yang bisa terkena efek dari memakan Daun ini adalah masalah pencernaan. Bisa saja Kelinci mengalami diare dan keracunan setelah mengkonsumsi makanan ini.

Jika kondisi tersebut sudah berlarut-larut, bisa saja membuat Kelinci mengalami kematian. Jauhi hal yang demikian, karena selain membuat kita sedih juga membuat Kelinci merasa tersiksa nantinya. Kita pasti tidak ingin kehilangan mereka bukan? Pastinya bakal sedih nantinya.

Sepuluh makanan seperti tersebut di atas pada dasarnya sering berada dekat dengan kita dan juga Kelinci peliharaan kita ini. Setelah membaca artikel tersebut di atas, sebaiknya kita perlu sedikit waspada dan menghindarinya. Jangan sampai justru terjadi hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan Kelinci kita nanti.

  Diperbarui pada : 25 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com