7 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Sulit Banyak Uang

Mau jadi orang kaya? Hindari kebiasaan buruk ini yang membuat kamu sulit banyak uang
Kebiasaan buruk ini menyababkan sulit menjadi orang kaya banyak uang

Mau jadi orang kaya, Hindari kebiasaan buruk ini yang membuat kamu sulit banyak uang. Sebagian orang pasti pernah berpikir “jadi orang kaya itu pasti enak, pasti bisa beli”. Pemikiran yang seperti itu membuat orang-orang ingin banyak uang, untuk memenuhi segala kebutuhannya termasuk kamu kan? Meski begitu, kamu harus mencari uang dengan jalan yang benar.

Jangan sampai melakukan hal yang buruk atau negatif demi banyak uang membuat sulit kaya atau sulit jadi orang kaya. Selain itu, kamu juga perlu menghindari hal-hal yang menyebabkan uang kamu sulit terkumpul. Jika hal ini dilakukan secara berulang-ulang atau sudah menjadi kebiasaan, maka kamu akan sulit kaya untuk menjadi orang yang banyak uang.

Berikut ada 8 kebiasaan yang bikin kamu sulit banyak uang

1. Kebiasaan Buruk Gelap Mata

Apakah kamu pernah ketika baru gajian dan kamu langsung belanja? pasti pernah ya. Tapi jangan sampai kamu belanja sampai gelap mata, misalnya belanja tanpa lihat harga. Kamu juga jangan menjadikan kebiasaan untuk selalu makan di tempat hits dengan harga makanan yang selangit. Kemudian hindari membeli barang-barang branded yang seharga gaji kamu, atau bahkan lebih. Jangan sampai kamu menyesal sampai gajian bulan depan, tapi seneng nya cuman sebentar ya.

Selain kebiasan-kebiasaan yang telah disebutkan, pada saat belanja kamu juga harus mencatat nya. Mau besar ataupun kecilnya penghasilan dan pengeluaran kamu, harus tetap di catat ya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sumber kebocoran dari pengeluaran kamu yang bikin kamu miskin atau bokek di akhir bulan. Jika kamu melakukan ini dengan disiplin, maka kamu bakal bisa memperbaiki keuangan kamu.

Baca juga:  Bayar Lazada Pakai Paypal Emang Bisa? Begini Caranya

2. Kebiasaan Buruk Konsumtif

Konsumtif merupakan perilaku individu ketika melakukan konsumsi atau membeli sesuatu secara berlebihan terhadap barang ataupun jasa, tidak rasional, mengutamakan kesenangan daripada kebutuhan dan secara ekonomis menimbulkan pemborosan. Misalnya ketika keluar suatu produk dari handphone kamu langsung membelinya. Padahal handphone kamu masing berfungsi baik, sehingga barang tersebut tidak sedang kamu butuhkan. Hal ini berbahaya untuk masa tua mu, apalagi membeli hanya untuk gaya-gayaan. Barang yang kamu beli hanya memberi kepuasan sesaat, tapi tidak bermanfaat dan kamu menjadi boros.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Banyak Untung

3. Tidak Berpikir Jangka Panjang

Apakah kamu pernah liburan dan belanja semau kamu, padahal kamu tahu bahwa kamu tidak hidup untuk hari ini saja. Liburan dan belanja atau melakukan kegiatan senang-senang lainnya, tentu boleh dilakukan. Tetapi kamu harus bisa mengukur kemampuan keuangan dulu. Kamu harus merencanakan kegiatan yang akan kamu lakukan dengan mencatat biaya yang akan dikeluarkan. Setelah di kalkulasi kan, dan apakah sudah sesuai dengan kemampuan keuangan kamu. Kamu juga haru mulai memiliki tabungan, dana darurat, dan punya proteksi diri seperti asuransi. Hal ini penting banget untuk kamu lakukan sebagai langkah jangka panjang keuangan yang kamu miliki.

4. Ngebelanjain Uang Hasil Ngutang

Hutang

Di zaman serba digital ini, segala sesuatu sudah dipermudah. Salah satu contohnya adalah meminjam uang, karena tidak sedikit aplikasi yang menawarkan pinjaman online. Sekarang berutang semakin dipermudah, padahal mencari uangnya itu tidak gampang. Tidak sedikit orang-orang yang berkeinginan membeli tas branded, sepatu branded dan barang branded lainya mengajukan pinjaman online dan berpikir mencicil nya tiap bulan biar tidak terasa.

Baca juga:  Tips Agar Tidak Sulit Dapat Kerja, Begini Caranya

Tapi pada akhirnya mereka cuman bisa tutup lubang gali lubang untuk membayar utang dan memenuhi kebutuhannya. Berutang merupakan hal yang buruk, oleh karena itu tidak boleh dijadikan kebiasaan karena membuat sulit jadi orang kaya. Sebenarnya boleh saja kamu membeli barang mahal, tapi alangkah baiknya kamu menabung terlebih dahulu, setelah uangnya terkumpul kamu bisa membelinya secara tunai. Tapi pastikan barang yang kamu beli tidak hanya mahal saja, tetapi juga harus penting dan memang sedang kamu butuhkan.

Baca juga: Tips Hidup Hemat Agar Tidak Boros Banyak Biaya

5. Cuma Punya Satu Sumber Pemasukan

Seperti bukan hal asing, orang kaya itu rata-rata mereka punya lebih dari satu sumber pemasukan atau bisnis. Nah hal ini bisa dilakukan juga oleh kamu, jika kamu sudah menjadi karyawan tetap di sebuah perusahaan, kamu bisa mulai tambah sumber pemasukan kamu. Kamu mungkin bingung bagaimana cara menghasilkan uang tambahan ketika kamu memiliki pekerjaan full time.

Nah banyak caranya, misalnya dengan menjadi menjadi freelancer, membangun passive income melalui blog, menjadi penjual online, mitra dalam usaha kecil, dan memanfaatkan kemampuan IT. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika satu sumber pemasukan kamu berhenti, dan kamu masih punya cadangan dari sumber yang lain.

6. Tidak Belajar Investasi

Ketika mendengar kata investasi apa yang kamu pikirkan? pasti uang ya. Tapi jika kita lihat secara definisi investasi itu merupakan penanaman modal yang dilakukan untuk mendapat keuntungan di kemudian hari. Modal yang dimaksud disini tidak harus berupa uang, tetapi bisa sumber daya yang lain. Investasi juga termasuk memanfaatkan waktu dan tenaga demi keuntungan di masa yang akan datang, misalnya investasi dengan bersekolah dan belajar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri kamu.

Baca juga:  Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Aman Dan Cepat

Jika kamu akan melakukan investasi untuk menambah pundi-pundi keuangan kamu dapat berinvestasi di berbagai macam seperti emas, properti, membeli saham. Tapi pastikan kamu memahami betul-betul tentang investasi yang akan kamu jalani ya.

7. Kebiasaan Buruk Lupa Masa Depan

Sekarang sebagian generasi muda menjalani gaya hidup yang tidak sehat. Mereka jarang olahraga, makan tidak teratur dan sering begadang. Padahal dengan gaya hidup seperti itu dapat membuat penyakit di masa tua nanti yang membutuhkan biaya hidup tidak sedikit.

Coba koreksi diri kira-kira gaya hidup kamu sudah sehat belum? Kamu harus sadar bahwa apa yang kita lakukan saat ini pasti akan mempengaruhi masa depan. Mulai lah untuk mencintai diri sendiri dengan melakukan olahraga, memakan makanan yang sehat dan kurangi begadang.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet

Nah itulah 7 kebiasaan yang bikin kamu sulit banyak uang atau sulit kaya. Hal yang paling penting, jangan membiasakan diri untuk terlihat kaya dan happy hanya untuk dijadikan update story. Masa muda memang cuman sekali dan kita harus menikmati nya, tapi jangan sampai malah jadi motivasi untuk hidup foya-foya. Merasa kalau tua itu masih lama, terlalu santai padahal waktu itu tidak berasa.

  Diperbarui pada : 25 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com