Mengenal Konsep Trading Dan Strategi Untuk Seorang Trader

Mengenal Konsep Trading Dan Strategi Untuk Seorang Trader
Mengenal Konsep Trading Dan Strategi Untuk Seorang Trader

Apa itu trading? Dan Bagaimana kita bisa trading?

Trading sendiri sebenarnya adalah sebuah pengalihan bahasa terhadap istilah yang sudah kita kenal sejak dulu. Trading adalah persamaan dari kata barter yang artinya bertukar atau pertukaran, hanya saja trading sendiri di ambil dari bahasa Inggris tak ni dari kata trade yang memiliki arti dan makna yang sama dengan barter.

Dalam ilmu ekonomi, trading lebih dekenal dengan transaksi perdagangan dari kepemilikan aset dengan sesuatu yang lain yang juga memiliki nilai yang sama untuk mencari keuntungan. Baik sebagai penjual atau pembeli. Jadi, pada intinya trading adalah jual beli, dimana jika kita terlibat dalam proses tersebut mengharapkan keuntungan. Contoh sederhananya begini, kita memiliki satu 1kg beras yang kita dapatkan dari petani atau tempat lain dengan harga beli pada waktu sebelumnya adalah 10.000, lalu kita akan mencari pembeli selanjutnya dengan kisaran harga 6.000/setengah kilogram nya. Setelah kita mendapatkan pembeli sebagai konsumen ataupun di jual kembali secara otomatis kita akan mendapatkan keuntungan 2.000 dari 1kg beras yang kita miliki.

Jadi, dalam kehidupan sehari-hari kita juga sudah sering melihat bahkan melakukan trading itu sendiri. Hanya saja kita tidak memahami istilahnya. Mengapa orang melakukan trading? Sebenarnya simple saja, kita melakukan trading pada dasarnya ialah untuk mencari keuntungan dari hasil trading sendiri, baik berupa harga ataupun value dari barang atau aset yang kita jual belikan. Apakah trading di haruskan? Jawabnya tentu iya, karena pada dasarnya manusia hanya akan hidup jika segala kebutuhannya terpenuhi. Dan segala kebutuhan yang ada pastilah memiliki harga atau daya tukar.

Baca juga:  Cara Belanja di Lazada Lengkap dan Mudah

Dari penjelasan di atas, yang wajib kita pahami adalah bagaimana kita sebisa mungkin menghindari kerugian yang akan kita dapat jika kita melakukan trading apapun jenis transaksi kita. Sehingga transaksi akan selalu berjalan dengan jangka yang cukup panjang. Memang dalam perdagangan kita akan di hadapkan dengan untung dan rugi. Akan tetapi, kita dapat meminimalisir kerugian kita dan meningkatkan pendapatan dari hasil perdagangan.

Beberapa Konsep Trading Dan Strategi Yang Tepat Untuk Seorang Trader

Konsep Trading Dan Strategi

Konsep Trading Dan Strategi

Dalam trading, kita juga harus memahami barang atau aset yang akan kita perdagangan kan. Gunanya ialah dengan kita mengerti terhadap sesuatu yang akan kita perdagangan kan, suapaya kita dapat mengatur bagaimana strategi yang tepat untuk kegiatan trading kita yang akan kita bahas sekarang. Yakni diantaranya:

1. Mengenal jenis produk

Baik aset ataupun barang yang akan kita perdagangkan hendaknya kita mengenali terlebih dahulu betuk wujud dari produk yang akan kita perdagangkan. Jika berbentuk digital, misalnya crypto, atau NFT atau sejenisnya. Kita pastikan bahwa produk tersebut berbentuk real dan memiliki sesuatu yang membuat mereka bernilai.

Berbeda dengan barang yang sudah benar benar nampak di mata kita yang hanya perlu mengamati kepercayaan orang terhadap barang kita sudah bisa langsung memperdagangkannya. Tidak dengan aset digital, yang mana di butuhkan analisa fundamental yang cermat. Agar tidak adanya scam dalam bentuk apapun.

Baca juga:  8 Tips Membuat Pekarangan Rumah Menjadi Indah

2. Follow the trend

Follow the trend atau dalam bahasa Indonesia mengikuti trend ini sangat penting jika kita ingin terjun ke dunia dagang atau trading. Karena, trading atau dagang tidak sama dengan kita hendak memulai bisnis atau usaha yang perlu menyediakan kebutuhan pasarnya. Dalam trading yang menyediakan kebutuhan pasar itu adalah tugas para broker yang menyediakan fasilitas jembatan bagi para pedagang atau trader.

Oleh karena itu, jika kita trader kita perlu mengikuti trend. Jika tidak, yang akan kita dapat bukan untung tetapi rugi karena elastisitas harga pasti melambat jika trend nya tidak begitu bagus.

3. Memilih broker terpercaya

Broker adalah wadah sebagai perantara anatara penjual dan pembeli suatu kegiatan perdagangan. Untuk itu, pilihlah broker yang sudah jelas-jelas memiliki legalitas. Karena banyak sekali broker yang hanya memanfaatkan momen yang terjadi antara pedagang dan jika berakhir bisa jadi segala aset yang kita miliki akan berakhir pula. Untuk itu sangat penting memilih broker yang sudah jelas memiliki kepercayaan banyak orang dan juga legalitas nya tidak di pertanyakan.

Biasanya broker akan menawarkan berbagai janji manis untuk memarketingkan dirinya agar menarik lebih banyak trader, sehingga kesempatan ia meraup keuntungan besarpun sangat mudah. Contohnya dalam kasus jual beli motor bekas.

Biasanya broker motor bekas Yang kepercayaan pulik masih di pertanyakan, sering kali membawa lari uang dan motor sebagai alat pertukaran para pedagang. Tidak hanya itu saja, banyak kejadian-kejadian yang merugikan trader akibat ulah para broker.

Baca juga:  Ide Bisnis Online yang Menggiurkan untuk Anak Muda

4. Disiplin money management

Dalam dunia dagang, mengatur keuangan itu sangat penting dari segalanya. Karena Dangan mengatur keuangan dengan tepat, akan membuat kita lebih disiplin dalam menentukan jenis, kualitas, dan kuantita suatu aset atau barang yang akan kita perdagangkan. Tak jarang mereka yang memiliki aset banyak atau modal yang besar juga mengalami kebangkrutan hingga minus 0. Dan ada juga yang memiliki aset serta modal yang biasa saja atau bahkan bisa di bilang kecil namun tetap profit secara konsisten. Itulah sebabnya money management sangat penting untuk di gunakan sebagai strategi utama kita jika ingin melakukan trading apa pun.

Itulah tadi seputar pengenalan konsep trading dan strategi yang tepat untuk anda tentang dunia trading. Jika anda tidak memiliki ilmu atau psikologi yang mumpuni untuk anda bisa terjun kedunia dagang sebaiknya cari jalan lain atau pahami ilmu dagang terlebih dahulu agar tidak menjadi penyesalan bagi anda. Memang dari dulu leluhur kita menyarankan untuk berdagang jika mau maju. Tetapi anda juga harus kreatif dalam menentukan jenis perdagangan apa yang tidak begitu beresiko bagi anda.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa syukuri apapun yang kita dapat, dan berbagai ke sesama agar menjadi kebaikan yang mungkin akan menambah keuntungan anda dalam melakukan sesuatu. Terimakasih!

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com