Alasan Uang Cepat Habis, Kenapa Yah? Ketahui Penyebabnya

Alasan Uang Cepat Habis, Kenapa Yah? Ketahui Penyebabnya
Alasan Uang Cepat Habis, Kenapa Yah? Ketahui Penyebabnya

Uang tentunya adalah hal yang paling dibutuhkan oleh setiap orang, khususnya Kalian para pembaca. Dengan uang segala kebutuhan kita semua dapat terpenuhi, seperti kebutuhan makan, Belanja, Skincare, dan lain sebagainya, dapat terpenuhi dengan Uang. Jaman sekarang apa-apa harus memakai Uang, Bener Gak?
Tapi, pernahkah Kalian merasa Aneh atau bingung, Mengapa Uang Gajian Kalian cepat habis? dan Uang tersebut habis begitu saja tak tentu arah. Tentu, hal tersebut kadang kalanya membuat sakit hati, dan kesal.

Mungkin saja, dari beberapa pembaca ada yang berkata, “Tentu Uang habis buat keperluan rumah tangga, “ atau mungkin “Tentu Habis, Kan buat bayar pendidikan anak, “ Semua hal itu sangat mungkin dan amat sangat masuk akal. Namun, tahukan Kalian, bahwa ada beberapa penyebab atau alasan menurut Islam, mengapa Uang sangat cepat habis, bahkan tak ada jejaknya sama sekali. Mungkin saja, alasan-alasan tersebut tanpa sengaja dilakukan oleh para pembaca.

Nah, apa saja sih, penyebab atau alasan-alasan tersebut? Berikut Penjelasannya.

Beberapa Penyebab Uang Cepat Habis

1. Boros Penyebab Utama Uang Cepat Habis

Pasti nih, muda-mudi seperti Kita ini banyak banget ngeluarin uang. Faktor utama yang sering dijumpai, biasanya buat mengikuti trend jaman yang dari waktu ke waktu cepet banget berubahnya, tiap bulan bahkan minggunya pasti ada trend baru yang muncul, dan tentunya banyak banget kalangan muda yang harus mengikuti trend itu biar gak ketinggalan zaman. Bener gak?

Baca juga:  Resiko Tidak Membayar Pinjaman online Pinjol

Tapi, tindakan Kita tersebut, tanpa kita sadari kadang kalanya melebihi batas prioritas kebutuhan kita. Bahkan, gak jarang kebutuhan kita saja kurang terpenuhi hanya karena sebuah keinginan yang sebenarnya bukan prioritas kita, alias Boros. Boros merupakan tindakan yang amat tidak dianjurkan dalam Islam.

Salah satu solusi yang bisa Kita lakukan adalah menjadi pribadi yang cerdas finansial. Yang dimana Kita harus tahu apa saja kebutuhan yang menjadi prioritas, sehingga pengeluaran keuangan Kita terarah. Hal itu perlu dilakukan sebagai batasan, agas uang Kita bisa terpakai secara teratur dan tidak sepenuhnya terpakai. Jadi, Kita masih bisa menyisihkan buat menabung.

Baca juga: Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sebagai Mahasiswa

2. Tidak Bersedekah

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang sudah tidak asing lagi di kalangan umat muslim. Bersedekah adalah suatu tindakan pemberian harta kepada orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, ataupun pihak lain yang berhak menerima Sedekah, tanpa disertai imbalan. Banyak sekali Manfaat yang bisa diperoleh ketika Kita bersedekah, diantarinya adalah menambah pahala, menyucikan harta, menambah rezeki, dan masih banyak lagi.

Apa jadinya, jika seseorang yang mampu dan kuat secara finansial (keuangan), namun tidak bersedekah? Itu bisa menjadi faktor ketidak berkahan harta Kita, hingga bisa saja harta kita tersebut tidak membekas alias habis tak terarah. Mulai sekarang, mari Kita mulai Bersedekah, sisihkan uang tiap bulan atau minggunya khusus untuk bersedekah, agar Harta yang Kita miliki menjadi berkah, bahkan menjadi amalan yang terus mengalir hingga akhir hayat.

Baca juga:  5 Sumber Penghasilan Realistis Setelah Lulus Sekolah

3. Pelit atau Kikir

Pelit dan kikir merupakan salah satu tindakan yang membuat Allah SWT murka, dan salah satu alasan yang bisa membuat Uang Kita cepat habis. Poin ketiga ini erat kaitan dengan Poin Kedua, yaitu tidak bersedekah. Ada kalanya seseorang enggan bersedekah karena merasa bahwa itu tidak diperlukan, atau bahkan karena uang yang dimiliki pas-pasan, . Padahal, sekecil apapun nominal uang yang kita keluarkan, tetap akan menyucikan serta membuat harta yang kita peroleh menjadi berkah. serta adanya faktor sifat pelit dan kikir yang bersarang di hati Manusia.

Maka dari itu, mulailah tanamkan dan ubahlah cara berpikir kita, Bahwa Allah SWT tidak semata-mata melimpahkan rezeki yang lebih kepada Kita bukan tanpa alasan. Kita hidup di dunia ini tidaklah sendiri, banyak kalangan manusia yang derajat perekonomiannya tidak seberuntung Kita. Harta melimpah yang diberikan Allah, adalah sebagai pengingat, untuk Kita mau berbagi, saling memberi, semata-mata mencari keberkahan.

Baca juga: Ingin Rumah Tangga Bahagia? Ketahui Rahasianya

4. Tidak Beribadah

Hayo, Siapa diantara Kalian yang masih jarang-jarang nih, dalam menjalankan Ibadahnya? Mungkin ada sebagian dari Kalian yang dalam menjalankan ibadahnya masih malas-malasan. Padahal, Ibadah salah satu yang membuat rezeki menjadi lancar.

Banyak sekali ibadah yang dapat dilakukan oleh para pembaca, seperti Sholat sunah Dhuha, bersholawat, membaca Al-Quran, dan masih banyak lagi. Ibadah merupakan salah satu hal yang bisa menjauhkan kita dari Kekafiran, yang mana Kafir sendiri merupakan salah satu hal yang dibenci oleh Allah SWT.

Baca juga:  Download Higgs Domino Mod Apk Versi Modifikasi Dan Lama

Beribadahlah setulus hati semata-mata hanya karena Allah SWT bukan karena harta, sebab ibadah untuk keselamatan dunia akhirat bukan untuk memperbanyak harta.

5. Kurang Bersyukur

Memang sulit rasanya menanamkan rasa Syukur dihati Kita. Padahal, rasa Syukur merupakan sumber kebahagiaan Manusia. Mengapa bisa begitu? Karena orang yang memiliki Rasa Syukur yang tinggi akan merasa cukup atas apa yang telah Allah berikan kepadanya. Dan, Allah pun pasti akan meningkatkan nikmat rezeki kepada hambanya yang bersyukur.

Baca juga: Cara Cepat Menghafal Al Quran Dengan Baik dan Benar

Itulah beberapa alasan yang membuat Uang yang kita peroleh cepat habis, bahkan kadang kalanya Kita merasa tidak cukup dengan Uang yang Kita dapatkan. Marilah, Kita semua saling introspeksi diri, untuk saling memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com