Shopee Tidak Bisa COD? Ketahui Penyebab & Mengatasinya

Shopee Tidak Bisa COD? Ketahui Penyebab & Mengatasinya
Shopee Tidak Bisa COD? Ketahui Penyebab & Mengatasinya

Belanja online kini sudah menjadi kebiasaan aktivitas yang cukup banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Selain diberi kemudahan tanpa harus keluar rumah, banyak nya toko online ternama yang tersedia memberikan pengalaman terbaik bagi para konsumen. 

Dari sekian banyaknya marketplace, Shopee merupakan salah satu aplikasi belanja online yang siap menawarkan dan menyediakan berbagai produk unggulan serta ORI. Bahkan di aplikasi Shopee kita tidak hanya menemukan penjual dalam negeri, melainkan kita juga diberi kesempatan untuk belanja barang dari toko luar negeri. 

Shopee juga telah menyediakan berbagai macam metode pembayaran dan berbagai macam promo gratis ongkir untuk memanjakan konsumen pengguna Shopee. Bahkan, sebagai salah satu perusahaan belanja online terbesar, Shopee telah banyak melakukan kerjasama dengan banyak perusahaan ekspedisi yang akan siap membantu proses pengiriman paket para konsumen. 

Untuk memudahkan para konsumen Shopee juga telah menyediakan fitur COD(cash on delivery) , agar pembeli bisa membayarkan pesanan begitu paket sudah sampai di depan rumah. Namun, belakangan ini banyak pengguna Shopee yang komplain kenapa fitur COD tidak dapat digunakan. Jangan khawatir dulu, berikut beberapa penyebab kenapa Shopee tidak bisa COD. 

Daftar isi

Apa Itu Fitur COD Shopee? 

Untuk yang masih asing dengan fitur COD Shopee, mungkin tidak ada salahnya jika kami memberikan penjelasan sedikit. Jadi, cash on delivery atau COD merupakan suatu sistem atau metode pembayaran yang dapat kamu lakukan secara langsung antara pembeli dengan pihak ekspedisi (kurir) ketika paket sudah sampai di alamat. 

Terlebih di era modern seperti saat ini, belanja online bukan lagi sekedar trend yang banyak dilakukan masyarakat melainkan sudah menjadi suatu kebutuhan.

Baca juga: PayLater Gojek, Cara Aktifkan Dan Bayar Tagihan

Seiring dengan banyaknya kemunculan marketplace toko online seperti Tokopedia, blibli, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi. Keraguan setiap pengguna yang awalnya takut ditipu untuk belanja online, kini mulai berani berbelanja menggunakan sistem marketplace seperti Shopee. 

Namun, masih ada beberapa pengguna yang merasa ragu, maka untuk menjawab keraguan tersebut para developer menciptakan sistem COD untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. 

Ada juga beberapa alasan orang lain lebih memilih menggunakan sistem COD berikut alasannya:

  1. Mengurangi resiko barang tidak sampai karena ulah seller nakal
  2. Tidak perlu repot-repot datang ke ATM atau minimarket untuk melakukan pembayaran Shopee
  3. Proses pembayaran lebih simpel

Beberapa Penyebab Shopee Tidak Bisa COD

Perlu diketahui bahwa kasus seperti tidak bisa menggunakan sistem COD tidak hanya terjadi pada Shopee. Beberapa marketplace toko online seperti lazada, Tokopedia maupun Bukalapak semuanya punya banyak laporan yang sama. 

Bahkan masalah seperti Tidak Bisa COD di Lazada mungkin menjadi salah satu penyebab yang membuat banyak pengguna berpindah ke marketplace lain seperti Shopee.

Baca juga: 8 Cara Menaikan Limit Akulaku 100% Terbukti

Baca juga:  Aplikasi Edit Foto Terbaik Bagus Untuk Android dan iPhone

Nah, membahas mengenai masalah Shopee tidak bisa COD di bawah ini beberapa penyebab utama tidak bisa menggunakan fitur COD Shopee:

  1. Nominal pembelanjaan tidak masuk syarat COD Shopee baik minimal pembelian 50.000 hingga maksimal pembelian 3.000.000
  2. Penjual memang sengaja tidak mengaktifkan fitur COD(cash on delivery) pada toko online mereka
  3. Adapun nominal ongkir (ongkos kirim) terlalu besar atau tidak memenuhi ketentuan pihak Shopee
  4. Alamat seorang pengiriman atau pembelanja belum terdaftar dalam jangkauan pembayaran 
  5. Penulisan alamat penerima di paket tidak dapat ditemukan karena tidak lengkap atau ada alasan lainnya
  6. Alasan selanjutnya, akun pembeli atau penjual sementara waktu telah dibekukan oleh fitur COD karena terlalu sering membatalkan pesanan yang dilakukan dengan metode COD
  7. Terakhir, mungkin saja karena pembeli memang tidak suka menggunakan fitur pembayaran COD

Beberapa Cara Untuk Mengatasi Tidak Bisa COD di Shopee

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab tidak bisanya menggunakan fitur COD di aplikasi Shopee, di bawah ini kami telah siapkan beberapa solusi atau cara tersendiri untuk bisa mengatasi nya. 

1. Pastikan Bahwa Nilai Transaksi COD Tercapai

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem COD di aplikasi Shopee mengharuskan pembeli untuk melakukan transaksi belanja dengan minimal produk sebesar Rp. 50.000 dan maksimal produk menggunakan fitur COD Shopee sebesar Rp. 3.000.000

Baca juga: Cara Jualan Pulsa di Shopee Tanpa Ongkir

Baca juga:  Aplikasi Penghasil Saldo Gopay Tercepat Legit

2. Membeli di Toko Lain

Untuk dapat mengetahui suatu toko di Shopee mengaktifkan fitur pembayaran COD, kamu bisa cek dengan cara sebagai berikut:

  • Silahkan pilih menu filter produk lalu centang di kolom COD
  • Jika sudah muncul, kamu sudah bisa cari barang dan pilih
  • Kemudian cek detail produk, pastikan ada atau tidaknya tanda COD ataupun bayar di tempat

3.Pastikan Alamat Kamu Terjangkau COD Shopee

Kenapa bisa alamat tidak terjangkau? Pada umumnya metode COD atau bayar di tempat ini akan diberikan untuk wilayah yang terdapat dalam jangkauan pengiriman wajar dan hanya terdapat di kota-kota besar untuk menekan ongkos kirim agar tidak terlalu besar. 

4.Tulis Alamat Dengan Lengkap

Kesalahan seperti tidak dilengkapi nya penulisan alamat pengiriman juga menjadi salah satu alasan kenapa tidak bisanya menggunakan fitur COD. 

5.Pilih Pembayaran Metode COD Saat Melakukan Checkout

Sistem pembayaran COD sama seperti sistem pengiriman lainnya yang mengharuskan kamu untuk memilih metode pembayaran ditempat. Karena itu, jika kamu bertanya kenapa tidak bisa melakukan COD mungkin saja hal semacam itu terjadi karena kamu tidak memilih  COD sebagai metode pembayaran ketika berbelanja di Shopee.

Baca juga: Cara Belanja di Lazada Lengkap dan Mudah

Penutup

Akhir kata, Terima kasih telah membaca sampai akhir. Demikian informasi mengenai Shopee Tidak Bisa COD? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian para pengguna baru yang masih awam dengan fitur COD Shopee. 

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com