Yuk Kenali Manfaat Blueberry untuk MPASI Si Buah Hati

Manfaat blueberry untuk mpasi bayi atau si buah hati
Manfaat blueberry untuk mpasi bayi

Manfaat blueberry untuk MPASI bayi atau si buah hati. Beberapa manfaatnya bisa anda temukan seperti Membantu Sistem Pencernaan, Sebagai Sumber Energi, Membantu Meningkatkan Sistem Imunitas, Membantu Sel-sel dalam Tubuh dan lainnya.

Bakal menjadi seorang ayah dan ibu bagi si buah hati yang baru lahir tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri yang dirasakan kebanyakan orang tua di luar sana, bukan? Meski demikian, kebahagiaan tentu tidak akan cukup kalau belum mempersiapkan berbagai kebutuhan dan keperluan si buah hati. Sehingga, tumbuh sehat di buah hati dalam masa perkembangannya bisa terjamin dengan baik. Oleh karena itu, ada baiknya memenuhi kebutuhannya dengan salah satu asupan blueberry yang diklaim baik untuk MPASI.

Memang tak banyak orang tua yang tahu bahwa buah blueberry ini ternyata memiliki kandungan yang sangat efektif dalam memproduksi MPASI bagi para ibu yang baru melahiran. Nah, bagi Anda yang mungkin masih penasaran seperti apa sih kandungan gizi dalam buah jenis berry hingga dipercaya dapat memperlancar MPASI, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Serta Manfaat Blueberry

Tahukah Anda, bahwa Buah blueberry sendiri merupakan sejenis varian berry yang berasal dari tanaman semak berbunga. Dikenal dengan nama ilmiah Vaccinium Corymbosum, buah blueberry sendiri menjadi salah satu tanaman yang berasal dari negara Amerika Utara. Akan tetapi, saat ini buah blueberry ini telah banyak dibudidayakan di beberapa negara. Seperti misalnya di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Stress Secara Alami

Buah Blueberry

Jika melihat secara sekilas, buah yang berwarna biru atau ungu ini memiliki bentuk yang bulat kecil dan bercita rasa manis. Bahkan, buah bueberry ini juga dikatakan memiliki mahkota di ujung buahnya. Adapun dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, buah ini umumnya sering dikonsumsi oleh orang-orang secara langsung maupun diolah menjadi jus buah segar maupun selai buah yang cocok untuk dijadikan tambahan pelengkap makanan agar terasa lebih nikmat.

Berbagai Manfaat Blueberry Penting Untuk MPASI?

Belakangan ini juga telah banyak yang menggunakan buah blueberry sebagai menu MPASI bagi si buah hati dalam membantu proses tumbuh kembangnya. Adapun dari segi keamanannya sendiri, buah yang satu ini cukup aman dikonsumsi di awal masa MPASI bayi dikarenakan memiliki berbagai manfaat penting yang baik untuk kesehatan. Nah, tahukah Anda apa saja manfaat Blueberry yang diberikan bagi tumbuh kembang si buah hati?

Baca juga: 8 Tips Atur Jadwal Kegiatan Anak Selama Pandemi

1. Manfaat Blueberry Membantu Sistem Pencernaan Pada Bayi

Manfaat Blueberry pertama adalah membantu sistem pencernaan. Karena memiliki kadar air yang cukup tinggi, membuat blueberry ini dikatakan efektif dalam memenuhi kebutuhan serat si buah hati. Dengan begitu, hal ini akan terbilang lebih mudah dalam dalam membantu melancarkan sistem pencernaan bayi, bukan? Tak hanya itu saja, hal ini juga cukup efektif untuk mencegah si buah hati mengalami gangguan kekurangan cairan (dehidrasi), diare sampai gangguan sembelit.

Baca juga:  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pekerja Kantoran

2. Berperan Penting Sebagai Sumber Energi Terbaik

Manfaat Blueberry berguna untuk sumber energi yang baik. Adanya kandungan kalori, karbohidrat dan gula alami di dalamnya, membuat buah blueberry ini sangat cocok dijadikan sebagai sumber energi terbaik bagi bayi. Dengan demikian, maka si kecil akan lebih mudah untuk aktif bergerak dan berpikir di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

3. Manfaat Blueberry Dapat Membantu Meningkatkan Sistem Imunitas

Manfaat Blueberry selanjutnya membantu tingkatkan sistem imunitas. Kandungan vitamin C di dalam buah ini juga mampu berperan penting dalam membantu meningkatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh). Hal ini tentu saja akan membuat si bayi terhindar dari berbagai macam penyakit atau kuman berbahaya yang menyerang tubuh.

Baca juga: Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Jika Dikonsumsi

4. Berperan dalam Membantu Pertumbuhan Pembentukan Tulang

Dengan adanya kandungan vitamin K magnesium dan kalsium dalam buah ini, manfaat Blueberry juga dipercaya dapat membantu membentuk pertumbuhan tulang pada bayi. Tentu saja, hal ini akan sangat efektif untuk Anda gunakan sebagai menu MPASI dalam menjaga kesehatan tulang pada bayi, bukan?

5. Dapat Membantu Memperlancar Sirkulasi Darah dalam Tubuh

Manfaat Blueberry untuk melancarkan peredaran darah. Tahukah Anda, adanya kandungan potasium di dalam buah blueberry ini juga dapat membantu dalam memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh si kecil. Dengan begitu, maka sistem peredaran tubuh darah bayi dapat terus berkembang dan lebih sehat dalam pertumbuhannya.

6. Berperan dalam Membantu Sel-sel dalam Tubuh

Manfaat Blueberry berguna untuk membantu sel dalam tubuh. Kandungan senyawa antioksidan juga dikatakan mampu memberikan perlindungan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Sehingga dengan adanya perlindungan ini, maka risiko terjadinya penyakit kornis termasuk kanker dapat dicegah secara efektif. Bahkan, kandungan aktioksidan di dalamnya juga mampu mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh bayi.

Baca juga:  Efek Samping Coklat Bagi Tubuh Dan Kesehatan

7. Mampu Meningkatkan Sistem Penglihatan Mata

Dengan mengonsumsi buah blueberry juga dapat membantu meningkatkan sistem penglihatan pada bayi. Dikarenakan adanya kandungan mineral hidrasi di dalamnya dapat bekerja dalam meningkatkan sistem penglihatan. Sehingga, jika bayi mengalami keluhan mata dapat terbantu dengan mengonsumsi buah-buahan jenis berry yang satu ini.

Baca juga: Membangun Percaya Diri Pada Anak Usia Dini

Amankan Buah Blueberry Untuk Dijadikan Produk MPASI Si Buah Hati?

Jika berbicara mengenai keamanan mengonsumsi buah blueberry untuk MPASI, hal ini bisa Anda lakukan dengan melihat reaksi yang ditimbulkan pada bayi tersebut. Jika nantinya Anda melihat si kecil tidak menunjukkan kondisi ruam-ruam ataupun alergi di bagian tubuh, maka Anda bisa menggunakan buah blueberry ini untuk digunakan sebagai MPASI sejak bayi berusia 6 bulan.

Akan tetapi, jika nantinya kondisi tersebut menunjukkan yang sebaliknya, maka Anda sebaiknya langsung menghentikan penggunaan buah blueberry untuk MPASI. Sehingga, Anda bisa pun bisa untuk mencoba menggunakannya jika bayi berusia 8 bulan dengan tetap memantau reaksi yang ditimbulkannya.

Bagaimana Anjuran yang Tepat Mengonsumsi Buah Blueberry?

Dalam mengonsumsi buah blueberry ini, ada baiknya Anda menggunakan ¼ sampai ½ cangkir buah setiap hari. Kendati demikian, Anda juga perlu untuk memberikan beberapa asupan lain yang baik untuk tumbuh kembang bayi. Antara lain seperti sayuran, olahan susu, biji-bijian dan makanan protein lainnya. Sehingga, gizi pada bayi pun dikatakan akan seimbang dan tumbuh kembang bayidapat berjalan dengan maksimal dan tentunya sehat.

Demikianlah, sekilas informasi menarik mengenai berbagai manfaat blueberry untuk MPASI yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si buah hati.

  Diperbarui pada : 22 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com